Geopol India

| Minggu, 27 Oktober 2013
PETA NEGARA INDIA DAN WILAYAH PERBATASANNYA



PETA NEGARA INDIA


New Delhi berada di bawah zona seismik-IV , sehingga rentan terhadap gempa bumi. Namun New Delhi memiliki beberapa poin penting sehinnga menurut saya cukup strategis dipilih sebagai ibukota India.
1.      Lokasi yang strategis.
Secara geografis, New Delhi adalah salah satu daerah flattest paling subur dan berada di tepi sungai Yamuna. Di sebelah timur dan utara New Delhi terdapat dataran hijau yg subur, di sebelah barat terdapat Gurun Thar dan di selatan sungai Yamuna. Dan 300km dai New Delhi menuju utara berdekatan dengan Pegunungan Himalaya.
2.      Sejarah.
New Delhi merupakan salah satu kota tertua yang kaya sejarah dan masih bertahan di dunia, sama seperti Yerusalem dan Varanasi. Diperkirakan kota ini sudah ada sejak 5000 tahun lalu. Kota ini sangat bersejarah dikarenakan bagi umat Islam India, New Delhi adalah tempat penting Kekaisaran Mughal. Sedangkan bagi umat Hindu India kota ini merupakan kota Mahabharata yang dikisahkan dalam mitologi Indraprashta.
3.      Kota besar.
New Delhi merupakan salah satu kota terbesar  di India dengan populasi yang sangat padat yaitu sekitar 18,1 juta jiwa. New Delhi tumbuh menjadi kota yang multikultural metropolis karena berbagai budaya lintas etnis yang beragam berada di tempat ini. Mereka semua hidup damai dan didukung oleh pemerintah yang memenuhi tuntutan rakyat tanpa melihat perbedaan kasta dan keyakinan mereka.
4.      Budaya.
New Delhi sebagai ibukota India merefleksikan keanekaragaman budaya sekaligus tempat perpaduan berbagai agama. Masyarakat New Delhi mendapatkan berbagai pengaruh dalam gaya hidup dan bahasa. Karena itu kita akan menjumpai perpaduan yang unik antara peninggalan kuno dan kota metropolitan modern di sini.
5.      Pariwisata.
Salah satu keunggulan terbesar New Delhi adalah dalam segi arsitektur Meskipun telah berada selama  berabad-abad, banyak dari arsitektur monumental masih ada di New Delhi dalam berbagai tahap pelestarian. Sehingga New Delhi tidak pernah lupa untuk mengingatkan wisatawan  makna historis dari kota tersebut.
6.      Tempat pemerintahan
Kantor-kantor pemerintahan dan kedutaan-kedutaan besar banyak berada kota ini. Sehingga akan lebih mudah dalam mengatur dan mengawasi jalannya pemerintahan, baik urusan dalam negeri dan luar negeri. New Delhi juga tempat pemerintahan liberal demokrasi terbesar di dunia. Parlemen India (atau Sansad) adalah badan legislatif tertinggi India. Parlemen ini terdiri dari dua dewan – Lok Sabha dan Rajya Sabha. Parlemen India terletak di New Delhi di Sansad Marg. Lok Sabha (disebut juga Dewan Rakyat oleh Konstitusi India) adalah majelis rendah dalam Parlemen India.
7.      Sektor keuangan dan jasa.
Connaught Place yang terletak disebelah utara New Delhi merupakan salah satu kantor pusat dan keuangan terbesar India. Daerah sekitarnya seperti Barakhamba Road, ITO juga menjadi kantor-kantor pusat utama. Sektor jasa di kota ini telah berkembang karena sebagian besar tenaga kerja terampil berbahasa Inggris yang telah menarik banyak perusahaan multinasional. Industri jasa utama meliputi teknologi informasi, telekomunikasi, hotel, perbankan, media dan pariwisata.
8.      Lembaga Organisasi.
Di kota ini terdapat berbagai lembaga organisasi domestik dan internasional.
Pusat Transfer Teknologi Asia-Pasifik yaitu UNESCAP juga berkantor pusat di New Delhi.Sebagian besar kantor regional PBB di India berada di New Delhi yaitu UNDP , UNODC , UNESCO , UNICEF , WFP , UNV , UNCTAD , FAO , UNFPA ,WHO , Bank Dunia , IMF , UNIFEM , IFC dan UNAIDS .
9.      Fasilitas.
Bandara Internasional Indira Gandhi yang terletak di sebelah barat kota New delhi adalah titik kedatangan bagi banyak pengunjung dan wisatawan. Karena adanya privatisasi bandara telah banyak dirubah dan, dengan pembukaan Terminal 3 pada tahun 2010, bandara ini telah setara dengan bandara terbaik di dunia. Bandara International Indira Gandhi memiliki tidak kurang dari enam terminal.
10. Pendidikan.
Kota ini juga merupakan pusat pendidikan karena banayaknya museum-museum yang terdapat di wilayah ini. Museum-museum itu adalah National Museum, museum terbesar di Delhi ini memiliki lebih dari 200 ribu benda untuk dipamerkan, yang memberikan gambaran detil tentang sejarah bangsa India sejak masa prasejarah Paleolithikum, masa Mohenjodaro dan Harappa hingga masa dinasti Mughal. Red Fort (Lal Qila) dibangun oleh Shah Jahan pada abad ketujuhbelas dari bata merah, ketika ia memindahkan ibukota dari Agra ke Delhi. Salah satu monumen tertua di Delhi adalah Qutab Minar. Bangunan yang mulai didirikan oleh Qutabuddin Aibak pada abad keduabelas ini baru memiliki ketinggiannya sekarang, 72,5 meter, setelah diselesaikan oleh penerusnya Iltutmush (Altamash), dan kemudian Firozshah Tughlaq pada abad keempatbelas. Menara ini adalah menara batu tertinggi di Delhi.  Di New Delhi terdapat dua Situs Warisan Dunia UNESCO : Humayun Tomb dan kompleks Qutub.New Delhi juga merupakan tempat Indira Gandhi Memorial Museum, National Gallery of Modern Art ,Museum Nasional Sejarah Alam , National Rail Museum , Planetarium Nehru dan Shankar Internasional Dolls Museum . Tempat bersejarah di New Delhi termasuk Jantar Mantar , Gandhi Smriti dan Lodi Gardens.

Jika dilihat dari peta di atas, kemungkinan New Delhi dipilih sebagai ibukota India, selain karena 10 poin diatas adalah terkait dengan konfliknya dengan Pakistan mengenai perebutan wilayah Khasmir. Sehingga tidak sulit bagi pemerintah India untuk mengawasi Pakistan jika melakukan pergerarakan yg berhubungan dengan wilayah Kashmir.

0 comment:

Posting Komentar

give me a positive comment :)

 

Copyright © 2010 Every Step That I Take Along With God Blogger Template by Dzignine