PENTINGNYA “BRAND” DALAM MERAIH SUKSES BISNIS INTERNASIONAL

| Minggu, 27 Oktober 2013
NAMA                    :         RIA ROSIANNA S.
NIM                       :         1002045106
MATAKULIAH         :         EKONOMI BISNIS INTERNASIONAL
KELAS                    :         HI REGULER B ‘10

PENTINGNYA “BRAND”
DALAM MERAIH SUKSES BISNIS INTERNASIONAL
Seiring dengan berkembangnya teknologi, membuat keadaan semakin kompetitif antara para pelaku bisnis internasional. Keadaaan demikian menuntut perusahaan yang menjalankan bisnis internasional memutar otak untuk menemukan strategi yang menempatkan mereka diposisi yang lebih depan dibandingkan yang lain. Strategi yang akan diambil oleh perusahaan dapat berorientasi pada dua bentuk pilihan, yaitu strategi multinasional atau strategi global. Dalam strategi multinasional atau multidomesik, perusahaan mengupayakan memahami pasar nasional sesuai selera lokal disana, agar produk yang mereka tawarkan benar-benar diterima dan memuaskan konsumen. Dengan keadaan yang demikian, maka perusahaan perlu mengeluarkan biaya ekstra. Tidak demikian dengan strategi global yang lebih memilih mamasarkan produk mereka dengan cara pemasaran yang sama tanpa membedakan pasar lokal dimana produk tersebut akan diterima. Strategi ini memang tidak memerlukan banyak pengeluaran namun, tidak dapat memuaskan konsumen secara optimal.
Penetapan strategi terbagi atas tiga level, salah satunya yaitu level bisnis. Dalam level bisnis, terdapat beberapa strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan internasional dalam upaya memenangkan kompetisi bisnis. Pertama adalah low-cost yaitu cara perusahaan menekankan pengeluaran relatif dibandingkan pesaingnya, sehingga profitpun maksimal. Adapula bentuk diferensiasi yaitu memasukkan unsur brand dan menawarkan sebuah keunikan dalam komoditi yang sama. Selanjutnya ada strategi fokus yang berusaha memenuhi kebutuhan pasar pada segmen tertentu, semisal Johnson & Johnson.


Strategi branding sendiri  terdiri dari strategi perusahaan, branding internal atau nilai-nilai perusahaan, desain brand atau identitas-identitas visual, dan desain servis atau komponen-komponen pengalaman. Kekuatan branding yang luar biasa dapat sangat berpengaruh terhadap suksesnya bisnis sebuah perusahaan. Brand memiliki peranan yang cukup penting bagi strategi pemasaran. Brand mungkin saja sangat dikenal oleh masyarakat (high brandawareness) namun belum dapat dipastikan brand itu menjadi pilihan (brand retention and brand loyalty). Tidak hanya keunikan nama saja yang perlu diperhatikan para pengusaha, namun juga harus menyesuaikan nama tersebut dengan visi dan misi perusahaan, jenis produk atau jasa yang akan ditawarkan, serta memperhatikan target pasar yang akan dibidik, agar brand tersebut mudah diingat para konsumen sehingga bisa tercipta sebuah brand positioningBrand lebih merupakan identitas perusahaan. Brand juga sesuatu yang tidak kasat mata. Jika brand memiliki nilai penerimaan yang tinggi, maka perusahaan dapat menikmati banyak keuntungan dari persaingan. Sering terlihat bagaimana orang rela untuk membeli barang bermerk tertentu meskipun harganya mahal. Nilai yang diterima adalah hasil dari promosi yang effektif sehingga memberikan kesadaran brand yang sangat tinggi. Penjelasan sederhananya, brand adalah permulaan dari bisnis atau sebuah nama agar orang mudah mengingat dan aware dengan suatu produk. Brand juga berfungsi sebagai identitas, supaya orang bisa mudah mengingat dari banyak hal yang terangkai dalam kata-kata tersebut.

Meski brand memegang peranan yang cukup penting, namun membangun citra brand agar semakin baik dan bisa menjadi alat promosi yang efisien juga sangat penting. Brand memiliki nilai bersifat emosional (intangible) yang jauh lebih besar dari sekadar bentuk yang digunakan sebagai hiasan sebuah produk. Ada begitu banyak ragam produk di pasaran. Terkadang brand yang satu dengan yang lain mengeluarkan jenis produk yang sama atau memiliki kemiripan. Yang membedakan adalah bagaimana setiap brand tersebut memiliki citra tersendiri yang terbangun di benak masyarakat, dan membangun loyalitas. Untuk menciptakan citra brand tersebut, pemilik perusahaan harus bisa mengkorelasikan nilai-nilai yang dijiwai dalam perusahaan. Tidak hanya melalui tampilan visual, tapi juga melalui perilaku yang ditampilkan di setiap titik interaksi. Dengan demikian, perusahaan itu dapat mengkomunikasikan citra brand mereka dengan lebih mudah kepada masyarakat. Melalui proses inilah, masyarakat akan memahami informasi yang disampaikan. Dari beberapa elemen grafis tersebut, terciptalah salah satu proses penanaman brand image produk dari segi visual. Ini memperlihatkan bahwa desain juga memegang peranan penting dalam membantu menyampaikan pesan.
Pembangunan brand image tidak terbatas pada desain kemasan atau visual, tapi mencakup semua media komunikasi seperti media cetak, online, televisi, maupun radio, serta cara staf berperilaku sesuai karakter brand tersebut. Dari segi visual sendiri, begitu banyak elemen yang perlu dipertimbangkan agar dapat memberi arah pada persepsi yang ingin  dibangun. Brand image merupakan salah satu elemen penting dalam mendukung keberhasilan sebuah brand. Sebab, brand image dapat menciptakan diferensiasi dan keunikan yang membedakan produk satu dengan lainnya. Di dalam proses pembangunannya, desain juga memiliki peranan penting sebagai pedoman agar brand image dapat tersampaikan dengan baik secara visual dan dipahami target pasar yang dituju sesuai strategi bisnis.



 KESIMPULAN
Perusahaan Internasional, dalam persaingan global sekarang dituntut inovatif. Strategi-strategi branding yang dirancang dengan cerdas sangat menentukan untuk memastikan longevitas sebuah produk dan mampu memenangkan persaingan di dunia internasional. Berani dalam menciptakan dan melindungi suatu brand yang tahan persaingan adalah kunci sukses utama. Brand merupakan investasi jangka panjang perusahaan yang apabila dikelola dengan maksimal akan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan yang mengelolanya. Brand-brand global yang sudah bertahan puluhan tahun beberapa diantaranya kini berhasil menjadi brand-brand termahal karena dikelola oleh perencanaan manajemen brand yang sukses. Pada umumnya, brand yang sukses mengandung karakteristik, dikenal dalam hal barang dan/atau jasa yang dipasarkan, diinginkan dalam hal kualitas dan nilai dari barang dan/jasa yang ditawarkan, kredibel dalam hal keandalan, dan tepat dikomunikasikan dalam hal bagaimana pesan dirumuskan untuk siapa targetnya.


Referensi :

0 comment:

Posting Komentar

give me a positive comment :)

 

Copyright © 2010 Every Step That I Take Along With God Blogger Template by Dzignine